Selasa, 04 Februari 2014

Parasailing di Pantai atau Paralayang di Gunung

Water Sport Tanjung Benoa
Parasailing dari Paralayang
Sejarah Olahraga paralayang mulai muncul pada awal tahun 80-an. Tidak jelas siapa yang mengawalinya. Proses terciptanya paralayang ini melewati sebuah proses yang cukup panjang dan diilhami oleh kegiatan gantolle dan terjun payung.
Adalah disebutkan Dr. Francis Rogallo yang pada tahun 1940 menciptakan sebuah layang-layang yang bentuknya kemudian menjadi cikal bakal gantolle yang sekarang ini.

Pierre Lemoigne  pada tahun 1960 menyempurnakan kembali bentuk parasut untuk terjun statik yang berbentuk bulat, menjadi parasut terjun yang dikenal sebagai parasut Para Commander (PC) yang mempunyai gerakan lebih baik dan dapat dikontrol dibanding model  sebelumnya.

Kemajuan pesat terjadi saat terciptanya parasut terjun payung persegi dengan dua permukaan yang masing-masing dipisahkan oleh rongga-rongga yang disebut sel oleh Domina Jalbert dari Amerika. Parasut ciptaan Domina ini dikenal dengan nama Parafoil menggunakan sistem “Ram Air”. Parasut ini mengembang karena adanya lintasa udara yang terperangkap di dalam sel.

Entah kapan olahraga Paralayang ini dikembangkan secara komersil di aktifitas  wahana air atau water sport  yang disebut parasailing  dimana konsep Parasut Comander yang berbentuk bulat fungsi “ RAM AIR “ ini digantikan dengan ditariknya Paralayang dengan Speed Boat ,
Parasailing kalau harfiahnya boleh dikatakan para (layang layang , parasut yang ditarik ) oleh para perahu nelayan ? mungkin pembaca ada yang mau melengkapi ?..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar